Monday, December 3, 2012

SISTEM KOMUNIKASI MASSA DAN EFEK MEDIA TERHADAP INDIVIDU

SISTEM KOMUNIKASI MASSA DAN KHALAYAK

Komunikasi massa secara sederhana didefinisikan sebagai komunikasi yang di lakukan dengan menggunakan media massa pada sejumlah orang. Dengan demikian, peran media massa sepagai penyampai pesan sekaligis sumber informasi bagi penerima pesan (khalayak) sangatlah penting.
Bagi orang perorangan media massa telah menjadi sesuatu yang hadir sangat erat dengan kehidupan sehari-hari karena berpengaruh pada prilaku sosialnya.

A. SISTEM KOMUNIKASI MASSA

DeFleur dan Dennis melihat komunikasi massa sebagai proses . Menurut mereka, terdapat lima tahap membentuk proses komunikasi massa, yaitu sebagai berikut.
1. Pesan komunikasi diformulasikan oleh komunikator-komunikator profesonal
2. Pesan komunikasi dikirimkan melalui cara yang relative cepat dan berkelanjutan melalui penggunaan media.
3. Pesan tersebutmencapai khalayak yang besar dan beragamyang memilih media dengan selektif
4. Para anggota khalayak secara individual menafsirkan pesan tersebut dengan cara sedemikian rupa sehingga merka memahami makna yang kurang lebihsejajar dengan yang di maksutkan komunikator.
5. Sebagai hasil dari pengalaman member makna ini, para anggota khalayakdipengaruhi dalam cara tertentuatau dengan kata lain, komunikasi tersebut memeberi pengaruh lain


B. PERBEDAAN KOMUNIKASI MASSA DAN KOMUNIKASI TATAP MUKA
Setelah melihat komunikasi massa sebagai sebuah proses, marilah kita melihat bagaimana komunikasi massa berbededa dari komunikasi tatap muka. Dua bentuk komunikasi ini memang sering kali dipertentangkan. Perbeadaan ini dating dari DeFleur dan Dennis. Menurut mereka, perbedaan terjadi dalam hal komunikasimenggunakan media, konsekkuensi mempunyai khalayak luas dan beragam serta pengaruh social dan cultural.







No comments:

Post a Comment